Laman

Senin, 19 Januari 2015

Mengatasi Update Status Otomatis “Wanita Mabuk” di Facebook


Facebook Malware - Gadis Mabuk Setelah PestaAkun Facebook (FB) kalian mendadak update status sendiri dengan membagikan tautan (link) sebuah video vulgar berjudul “Wanita Mabuk Setelah Pesta” atau “Bukannya Menolong, Pria Justru Memanfaatkan Wanita Mabuk Ini“? Itu artinya akun kalian sudah terinfeksi sebuah malware.
Jika kalian menjadi korbannya, pasti sebelumnya pernah klik tautan (link) “Wanita Mabuk” yang diarahkan untuk men-download UC Browser for Android jika diakses via mobile. Namun jika mengakes via komputer atau laptop akan diarahkan ke situs palsu Youtube dan diminta untuk meng-install codec video, yang merupakan sebuah malware.

Program jahat tersebut memancing korbannya dengan menampilkan sebuah preview gambar video yang seolah-olah berasal dari Youtube, yang menunjukkan adegan vulgar seorang wanita yang tengah mabuk.  Sebenarnya malware ini tidak akan membahayakan akun Facebook korbannya. Namun, menurut Alfons Tanujaya, analis Vaksin.com, malware tersebut dapat membuat malu para korbannya.
Apabila terkena malware ini, akun Facebook korban secara otomatis akan melakukan update status atau posting gambar video “Wanita Mabuk” ini berulang-ulang. Tidak itu saja, posting tersebut akan di-tag ke teman-teman yang ada di akun Facebook korban.
Cara menghapus malware “Wanita Mabuk Setelah Pesta” di Facebook
Pastikan untuk Log Out terlebih dahulu dari akun Facebook untuk melakukan penghapusan malware “Wanita Mabuk Setelah Pesta” yang telah meng-inject browser yang kita gunakan.
Untuk pengguna Google Chrome
  1. Klik menu pojok kanan atas > Settings > Extensions atau dengan mengetik chrome://extensions di address bar
  2. Carilah extension dengan nama “Atas Berita“, “Temp Show” atau lainnya yang mencurigakan
  3. Hapuslah dengan cara klik icon Trash (tempat sampah), kemudian restart Google Chrome
  4. Bersihkan juga riwayat penjelajahan (history) . Klik menu pojok atas pilih History (Ctrl+H), kemudian klik Clear browsing data dan pastikan pilih history dari awal waktu (the beginning time) dan centang semua pilihan.
Untuk pengguna Mozilla Firefox
  1. Buka Pengaturan (Tools) > Pegaya (Add ons) atau dengan shortcut Ctrl+Shift+A atau bisa juga dengan mengetikkan about:addons di address bar
  2. Carilah add ons dengan nama “Full Screen 4.0
  3. Klik Buang (Remove) untuk menghilangkannya, kemudian restart Firefox
  4. Bersihkan juga riwayat penjelajahan (history). Klik menu History > Clear Recent History (Ctrl+Shift+Del). Pastikan pilihan time range to clear: Everything dan centang semua pada details
Jika kalian menggunakan Google Chrome dan Mozilla Firefox, pastikan untuk melakukan penghapusan malware tersebut di kedua browser tersebut.
Setelah melakukan perbersihan diatas, cobalah untuk Log In kembali ke akun Facebook kalian. Hapus postingan-postingan “Wanita Mabuk”, dan disarankan untuk mengganti password. Semoga bermanfaat.

https://ohna2s.wordpress.com/2014/12/17/mengatasi-update-status-otomatis-wanita-mabuk-di-facebook/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar